Kilas Balik "Toko Roti Rasa" Yang Melegenda

Wpfreeware 2021-11-07 12:04:46 Ngebandung


Dibalik bangunan Rasa Bakery & Cafe yang terkenal dengan kecantikan interior khas Eropa, rupanya masih ada sejarah yang cukup menarik untuk diulik dan ditelisik. Jauh sebelum berdirinya Rasa Bakery & Cafe, tepatnya pada tahun 1910-an di Tamblong Weg (Jl. Tamblong) berdirilah sebuah firma bernama Hazes. Firma C.H Hazes ini didirikan oleh C.H. Hazes seorang pengusaha roti terkenal dari kota Malang. 


Dulunya firma C.H Hazes tersebut bergerak di bidang pembuatan permen dan gula-gula. Hazes merupakan pabrik permen dan gula-gula pertama yang menggunakan mesin-mesin produksi bertenaga listrik di Hindia Belanda. Permen dan bon-bon buatan Hazes di distribusikan ke seluruh Hindia Belanda dan produknya sampai di ekspor ke beberapa negara.


Setelah sukses dalam usaha permen dan bon-bon, C.H. Hazes berinovasi, mengembangkan dan membuat usaha baru. Usaha baru tersebut yaitu menu ontbijt atau dikenal sebagai roti. Roti yang diproduksi memiliki berbagai macam jenis, beberapa diantaranya yaitu roti tawar, roti susu, roti manis, dan roti isi.


Tidak puas sampai toko roti, C.H Hazes mengatur langkah pengembangan usaha berikutnya ialah pembuatan berbagai jenis coklat (termasuk Muisjes dan Hagelslag) mengingat produk Hazes selama itu dipergunakan sebagai bahan pelengkap pabrik coklat di Belanda.


Sepanjang Jalan Braga – The Daily Journal

Source: Pinterest.id

Hazes menggunakan beberapa ukuran pemanggang roti dan kue berbahan bakar gas kota yang diproduksi dari pabrik gas Nederlandsch Indische. Semua Kualitas produk Hazes entah itu permen, bon-bon, kue atau pun roti dikenal sangat premium dan baik sehingga Hazes ditetapkan sebagai pemasok untuk Gubernur Jenderal Hindia Belanda.


Pada tahun 1960-an, nama C.H Hazes diubah menjadi PT. Rasa, bangunannya juga mengalami renovasi dan perubahan bentuk. Namun tahun 1990-an bangunan toko itu kembali diubah menjadi bertingkat. Sekarang, nama PT. Rasa berubah menjadi Rasa Bakery & Cafe.


Pada awal berdiri, Rasa Bakery & Cafe sudah terkenal dengan menu roti dan es krimnya. Pasalnya, tempat ini memiliki sajian es krim dengan cita rasa zaman dahulu yang khas dan roti yang sangat lembut dan premium kualitasnya. Bahkan, cita rasanya masih dipertahankan hingga saat ini.


Sama seperti kota-kota besar lainnya yang pernah disinggahi oleh orang Eropa, berdirinya Bakery Rasa & Cafe sendiri mendapat pengaruh dari kebiasaan orang Eropa yang gemar mengkonsumsi es krim dan roti. Karena hal tersebut, es krim dan roti menjadi dua menu unggulan yang disajikan di tempat ini.


Review: Mencicipi Es Krim Paling Legendaris di Rasa Bakery and Cafe,  Bandung | BukaReview

Source: Google Image

Selain mempengaruhi menu makanan di toko Rasa Bakery & Cafe. Interior yang dikenakan pada seluruh bangunan masih kental dengan bangunan-bangunan eropa. Saat memasuki area kafe pada sisi sebelah kanan, kamu akan menemukan banyak etalase roti dan kue. Sedangkan, pada sisi kiri terdapat kursi dan meja serba putih serta sofa panjang berwarna hijau bergaya Eropa yang memberikan kesan klasik semakin kental terasa. 


Selain itu banyak pula ornamen ala kafe-kafe Prancis yang akan memanjakan mata kamu. Disetiap sudut ruangan  terlihat beberapa lukisan dan foto dengan kesan klasik yang tidak dihilangkan untuk mengingat sejarah berdirinya toko roti ini.


Ruangannya sendiri cukup luas dan mampu menampung banyak pengunjung. Karena mengingat pelanggan yang datang ke toko roti tersebut tidak pernah sepi. Terlebih pada hari libur, Rasa Bakery & Cafe sedang ramai-ramainya dipadati oleh pengunjung. Menariknya, pengunjung yang datang didominasi oleh lansia yang datang bersama anak dan cucunya. Rasanya, tempat ini mampu membangkitkan kenangan nostalgia untuk mereka.


Sesuai dengan namanya, tempat ini juga merupakan sebuah toko roti, yang menjajakan aneka roti manis dan kue. Mulai dari roti sobek, brownies, fruit tart, donat, puding, dan aneka kue tradisional. Di sini juga disediakan es krim kemasan aneka rasa yang bisa kamu ambil sendiri di freezer es krim yang terletak di dekat kasir. Disediakan pula menu menu tambahan seperti rawon, soto, dan beberapa makan berat lainnya yang rasanya tak kalah enak dengan menu yang lain.

Similar Post You May Like