Cara Merawat Kulit Oily Acne Prone Yang Rewel!

Wpfreeware 2021-11-12 16:00:24 Ngebandung

Source:Freepik

Skin type yang satu ini memang sedikit rewel dan tidak boleh sembarangan dalam merawat dan menjaganya. Pasalnya oily acne prone ini merupakan salah satu dari empat masalah yang dialami kulit sensitif. Di antaranya kemerahan atau rosacea, rasa panas dan perih, dermatitis, dan acne prone. 


Bisa dibilang oily acne prone merupakan tipe kulit yang lebih berpotensi untuk mengalami jerawat dan breakout, juga memproduksi sebum minyak berlebih. Biasanya disebabkan oleh hormon dan juga bakteri yang menyebabkan peradangan jerawat.


Ada dua macam kategori tipe kulit sensitif. Pertama kulit berminyak-sensitif atau yang sering disebut dengan oily acne prone. Kedua, kulit kering-sensitif atau dry acne prone. Itulah sebabnya, acne prone tidak hanya bisa dialami oleh kulit berminyak. Kulit kering pun rentan dengan masalah jerawat yang mengganggu penampilan khususnya wajah.


Masalah acne prone ini juga tidak hanya mengganggu wajah, namun terdapat di seluruh tubuh, namun biasanya terdapat pada bagian wajah, punggung, dada, dan leher. Namun biasanya hal ini disebabkan oleh hormon dan makanan yang dikonsumsi.


Kalau Sobat Glmours sudah mengetahui acne prone termasuk ke dalam kulit sensitif, sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa merusak lapisan kulit. Berikut tips dan trik yang perlu dilakukan untuk merawat tipe kulit ini!


Mencuci Muka



Source: Pinterest.id

Mencuci muka adalah hal yang umum dilakukan, namun untuk anda yang mempunya tipe kulit sensitif dengan masalah oily dan dry acne prone adalah hal yang wajib. Hal tersebut disebabkan karena oily acne prone  mengalami kelebihan minyak di wajah dapat menutup pori-pori, memerangkap kotoran, serta mengundang bakteri yang menjadi cikal bakal muncul jerawat


Sedangkan dry acne prone harus menggunakan pencuci yang gentle dan bersifat melembabkan sehingga tidak membuat kulit kita seolah tertarik dan merasa semakin kering. karena hal tersebut akan memicu timbulnya jerawat.


Hindari Penggunaan Scrub 



Source : Pinterest.id

Mengeksfoliasi kulit tentunya penting untuk mengangkat sel kulit dan membersihkan kotoran kulit secara mendalam. Namun terlalu sering akan menyebabkan kulit kita menjadi rusak dan mengalami iritasi dan timbul redness. Seperti mencuci wajah kita harus menggunakan scrub secara perlahan juga menggunakan scrub alami yang tidak terlalu bertekstur.


Namun sekarang ada yang namanya chemical exfoliate, yaitu penggunaan eksfoliasi yang bersifat liquid, bisa berupa serum, toner dan essence. Hal tersebut membantu dan memudahkan kita yang mempunyai kulit oily dan dry acne prone.


Menggunakan Skincare



Source: Pinterest.id

Tentunya menggunakan skinker wajib hukumnya untuk setiap jenis dan tipe kulit, terutama basic skinker. Namun untuk sebagian orang yang memiliki kulit sensitif dan memiliki masalah kulit acne prone haru sangat teliti menentukan produk skinker dan kandungan yang ada didalamnya.


Untuk oily acne prone, sebaiknya memilih produk perawatan muka berjerawat, seperti sabun pembersih wajah pelembab, dan sunscreen, berlabel bebas minyak dan "non comedogenic" atau tidak rentan menyumbat pori-pori.


Untuk dry acne prone sebaiknya hindari salicylic acid dan benzoyl peroxide karena bisa membuat wajah semakin kering. Alternatifnya, bisa pakai skincare yang mengandung galactoarabinan untuk menjaga kelembaban kulit, tanpa menumbuhkan jerawat.

Similar Post You May Like