Batu Kuda, Wisata Alam di Bawah Kaki Gunung Manglayang

Wpfreeware 2021-11-14 09:06:41 wisata


Source: Pinterest.id


Batu Kuda merupakan perbukitan yang dipenuhi dengan hutan pinus yang indah. Batu Kuda ini berada di bawah pengawasan Perhutani langsung. Awalnya  tempat ini terkesan apa adanya dan tempat ini jadi tujuan wisata keluarga warga sekitarnya saja. Tapi sekarang sudah jauh lebih tertata dan sudah lebih dikenal juga lebih banyak dikunjungi wisatawan luar.


Penamaan Batu Kuda didasarkan atas sebuah batu yang menyerupai kepala kuda di gunung Manglayang. Tidak hanya batu kuda, namun ada juga batu lainnya seperti batu kursi, batu semar, dan batu lawang. Letak batu kuda berada 700 M dari hutan pinus. Sedangkan puncak gunungnya sendiri berada di ketinggian 1.818 MDPL, atau 200 M dari batu kuda.


Source: Pinterest.id/mbewsetiawan

Berlokasi di Kampung Cikoneng, Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung. Para wisatawan mulai ramai berdatangan ke tempat wisata ini dari pagi hingga malam karena tempat ini buka 24 jam. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini baik yang berpasang-pasangan, dengan teman-teman atau rombongan keluarga.


Rata-rata pengunjung datang ke tempat wisata ini dari siang hingga sore hari, hanya untuk melihat matahari terbenam dan menikmati indahnya alam. Namun banyak juga yang datang pada malam hari dan berniat untuk bercamping di tempat tersebut. Ragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan seperti foto selfie, picnik dan makan bersama, hiking, camping dan hammocking.


Terungkap : Asal Usul Batu Kuda Selimuti Sejarah Kelam - Jurnal Trip

Source: Google Image

Batu kuda ini berada di  bawah kaki gunung manglayang, jika hiking dimulai dari batu kuda ini, maka pulang bisa lewat trek gunung manglayang di belakang unpad tanjungsari begitupun sebaliknya.  Terdapat 2 post yang berbeda di gunung manglayang ini, post pertama menyediakan pemandangan city light dan tempat favorit untuk melihat sunset dan sunrise. post hiking kedua berada di puncak gunung manglayang dengan ketinggian 1.818 MDPL.


Ada berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati di batu kuda ini, seperti hutan pinus yang sudah di beri tempat duduk kayu yang berasal dari pohon secara bertata. Juga beberapa lapangan yang tersebar sekitar hutan pinus untuk mengadakan camping dan api unggun. Tersedia pula hammock untuk di sewa dan dipasangkan di kedua pohon pinus yang berdekatan.

Menikmati Sejuknya Hutan Pinus di Wanawisata Batu Kuda, Manglayang, Bandung  | Your Bandung

Source : Google Image

Selain itu ada pula menara padang yang letaknya tidak jauh dari hutan pinus, sekitar 500 meter menuju trek hiking. Di tempat tersebut disuguhkan pemandangan lepas di area sekitar, untuk sampai di menara padang ini, kita hanya perlu mengikuti saja jalan setapak yang menuju ke sebelah kiri area hutan pinus. Ada anak tangga menuju ke tempat tersebut sehingga tidak terlalu sulit dilalui.


Biaya yang diperlukan untuk berkunjung ke wisata alam ini hanya Rp 15.000 sudah termasuk parkir motor. Tentunya dengan harga yang tergolong murah ini, bisa mendapatkan beberapa fasilitas yang bisa digunakan dan tentunya disertai pemandangan yang indah memanjakan mata.

Similar Post You May Like