Mengenali Diet Kalori Defisit, Diet Ampuh Turunkan Berat Badan!

Wpfreeware 2021-11-23 11:43:35 health

Source: Pinterest

Bagi Anda yang sedang mengupayakan menyeimbangkan berat badan Anda, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya dengan diet. Terdapat satu diet yaitu diet defisit kalori yang dikenal ampuh untuk menurunkan berat badan. Diet ini merupakan pola makan dengan cara membatasi asupan kalori harian, sehingga berat badan tetap terjaga. 


Asupan kalori dibatasi lebih sedikit, tubuh akan memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan energi.  Cukup kurangi sekitar 500 kalori dari kebutuhan harian, dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.


Diet defisit kalori bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, berikut merupakan hal yang bisa praktekan:


Perbanyaklah protein


Source: Pinterest

Asupan protein sangatlah penting bagi tubuh, karena protein dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga asupan kalori Anda akan lebih berkurang. Selain itu, asupan protein berfungsi juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga kalori yang masuk ke tubuh lebih cepat terbakar. Makanan yang kaya akan protein seperti ikan, telur, kacang, dan daging tanpa lemak.


Mengurangi karbohidrat

Tips Memilih Sumber Karbohidrat yang Sehat

Source: Google image

Memang terdapat bahasa jika "jika belum makan nasi maka belum makan" namun nasi merupakan karbohidrat yang sering kita jumpai untuk menemani masakan. Namun nasi mengandung banyak karbohidrat. Mengurangi asupan karbohidrat dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada diet rendah lemak. Tak hanya itu, membatasi asupan karbohidrat juga ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes tipe 2. Solusinya Anda dapat mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks dan porsinya dibatasi.


Perbanyak minum air putih


Source: Pinterest

Ternyata, minum air putih sebanyak 2 liter setiap hari dapat membakar sekitar 95 kalori pada tubuh, loh! Minum segelas air putih sekitar 30 menit sebelum makan juga dapat membuat rasa lapar berkurang, jadi Anda dapat lebih cepat kenyang dengan porsi makan yang sedikit. Kurangi juga minuman kemasan dan cukup perbanyak mengkonsumsi air putih.


Olahraga Rutin


Source: Pinterest

Agar diet menjadi lebih maksimal, tentunya Anda harus menyertakan juga olahraga secara optimal. Tidak perlu yang berat, cukup lakukan olahraga sesuai kemampuan namun konsisten. Misalnya Anda melakukan exercise 10 menit sehari sebelum tidur. Atau jika Anda sedang senggang, Anda bisa dilakukan dengan exercise, lari, atau cardio. 


Similar Post You May Like