Mengenali Penghargaan Bergengsi Korea Selatan, Daesang & Bonsang Awards

Wpfreeware 2021-12-08 12:04:24 Ngebandung

Akhir tahun menjadi waktu yang ditunggu oleh para idol Kpop, mulai dari grup rookie idol atau pendatang baru sampai grup idol yang telah lama bergelut di dunia musik. Hal itu dikarenakan pada akhir tahun ini akan marak oleh beberapa Awards atau penghargaan yang diselenggarakan untuk menghargai karya-karya legendaris dan  kerja keras para Kpop idol. 


Namun diantara banyaknya deretan penghargaan, Daesang dan Bonsang merupakan penghargaan utama yang diharapkan oleh setiap Kpop Idol. Daesang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan untuk penyanyi Korea Selatan berbakat. Tak heran jika para musisi Korea Selatan langsung terharu ketika mendapatkan penghargaan tersebut, terlebih jika memenangkan penghargaan tersebut untuk pertama kalinya.


Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan penghargaan ini tentunya, musisi yang mendapatkan penghargaan harus melalui proses penilaian yang diambil dari 30 persen pemungutan suara dari publik, 40 persen dari unduhan digital, dan 30 persen dari penilaian para juri. Secara simpel kita bisa menyebut bahwa Daesang merupakan Gold medal atau Main Prize dan juara umum yang diincar setiap musisi. 


Selain itu ada Bonsang Awards, Bonsang merupakan merupakan tahap awal untuk meraih Daesang. Ada beberapa kategori yang harus diraih, beberapa diantaranya Disk Bonsang, Digital Bonsang ataupun Popularity award. Singkatnya Bonsang yang dinilai berdasarkan hasil voting dan suara publik. Secara simpel Bonsang bisa dikatakan sebagai Silver medal.


Pemenang Bonsang award baik itu digital (dinilai dari banyaknya download digital) maupun Disk (berdasarkan penjualan album) yang mana merupakan syarat untuk maju ke putaran final dan akan kembali bersaing untuk mendapatkan pemenang Daesang Award.


Pada dasarnya Daesang dan Bonsang saling berkaitan, karena nominasi Daesang akan diambil dari beberapa Kpop Idol yang memenangkan Bonsang. Perinciannya, pemenang Disk Daesang akan dipilih dari 6 pemenang Disk Bonsang winners dan pemenang Digital Daesang akan dipilih dari 4 Digital Bonsang winners. Jadi tahapan untuk memenangkan Daesang yaitu memenangkan Bonsang.


Beberapa Penghargaan yang mengadakan Bonsang dan Daesang adalah Asia Artist Award (AAA), Golden Disk Awards, Melon Music Awards, Gaon Chart Kpop Awards, Seoul Music Awards, dan MAMA atau Mnet Asian Music Awards. Selain itu dalam beberapa penghargaan tersebut banyak sekali kategori dan nominasi yang dijadikan penghargaan, mulai dari produser terbaik, rookie idol terpopuler, kpop idol favorit dan masih banyak lagi nominasi lainnya.


Similar Post You May Like