Cara Buat MPASI Yang Baik dan Sehat Untuk Buah Hati!

Wpfreeware 2022-04-20 09:33:47 health


Source: Pinterest

Sobat Glamours yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, tentunya ingin memberikan asupan makanan yang bergizi baik untuk si kecil. Salah satunya ialah menerapkan pendamping asi atau MPASI dari umur 6 hingga 11 bulan. Waktu pengenalan MPASI merupakan hal yang penting karena dapat mempengaruhi kesehatan bayi di masa yang akan datang.


Meski sudah tahu pentingnya pemberian MPASI, tidak sedikit ibu yang sering melakukan kesalahan dalam mengolah makanan, sehingga akhirnya gizi dari makanan sehat tersebut malah jadi terbuang. Berikut ini panduan yang bisa Sobat Glamours ikuti untuk mempersiapkan MPASI yang sehat untuk buah hati.


Kebersihan

Source: Pinterest

Kebersihan adalah salah satu kunci penting dalam mengolah MPASI. Karena itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan sampai bersih sebelum mempersiapkan MPASI, dan gunakan hanya peralatan masak serta wadah yang sudah dicuci dengan baik.


Kemudian cuci, kupas dan buang biji-bijian dari buah-buahan. Berhati-hatilah dengan buah-buahan dan sayuran yang ditanam dekat tanah karena dapat mengandung spora Clostridium botulinum atau bakteri berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan keracunan makanan.


Masak Hingga Matang

Source: Pinterest

Masak makanan sampai sangat empuk. Mengukus atau memanaskan dengan microwave dengan menggunakan sedikit air adalah cara mengolah MPASI yang baik untuk mempertahankan vitamin dan mineral dalam buah-buahan dan sayuran. Saat memasak daging dan ikan, buang semua tulang, tulang rawan, dan kulit sebelum dimasak.


Perhatikan Texture Makanan

Source: Pinterest

Pastikan tekstur dan suhu makanan sesuai dengan bayi. Beberapa makanan dapat menimbulkan risiko tersedang dan tidak dianjurkan untuk bayi, seperti anggur utuh, kismis, atau potongan hot dog. Makanan murni dapat dilembutkan dengan menambahkan ASI, susu formula, atau air bila perlu. Ingat, susu sapi dan susu alternatif tidak boleh diberikan pada bayi selama tahun pertama. Setelah menghangatkan makanan padat, pastikan untuk memeriksa kembali suhu makanan agar tidak membakar mulut bayi.


Hindari Madu dan Pemanis

Source: Pinterest

Jikaa hendak menggunakan buah-buahan, haluskan atau tumbuk buah segar tanpa tambahan pemanis. Jangan pernah menambahkan madu ke makanan atau minuman untuk anak di bawah 12 bulan, karena mungkin mengandung spora Clostridium botulinum. Hindari juga menambahkan sirup jagung atau pemanis lain karena hanya menambahkan kalori ekstra, bukan nutrisi.


Similar Post You May Like