Kolesterol Sejak Dini? Yuk Redakan Dengan Buah-buahan Berikut!

Wpfreeware 2022-09-29 08:11:02 health

Secara umum kolesterol dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan, menghasilkan vitamin D, dan memproduksi hormon. Di dalam darah kita, terdapat beberapa macam kolesterol, yaitu kolesterol baik (high density lipoprotein), kolesterol jahat (low density lipoprotein), dan lemak trigliserida. Sesuai dengan namanya kolesterol baik tentunya harus dijaga dan dirawat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Sedangkan kolesterol jahat dan trigliserida inilah yang harus Anda perhatikan kadarnya dalam darah. Jika tidak terkontrol, keduanya dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Karenanya mengkonsumsi obat saja tidak cukup perlu asupan buah-buahan untuk menurunkannya. Berikut adalah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi secara rutin!


Alpukat

Source: Pinterest

Alpukat adalah buah yang kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal. Mengkonsumsi buah ini dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah serta menurunkan kolesterol jahat yang menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. Alpukat ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi campuran salad dan pelengkap roti isi.


Apel

Source: Pinterest

Buah penurun kolesterol berikutnya adalah apel. Buah yang tinggi akan kandungan pektin ini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, kandungan polifenol di dalam apel juga dapat mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis. Sehingga akan bagus untuk Anda jika mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.


Jeruk


Source: Pinterest

Jeruk juga bisa menjadi buah penurun kolesterol yang baik untuk Anda konsumsi. Selain mengandung pektin seperti halnya apel, buah ini juga mengandung fitosterol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat di usus. Usus akan tetap bekerja tanpa menyerap kolesterol jahat seperti biasanya.


Mix Berry

Source: Pinterest

Beri-berian, seperti stroberi, anggur, delima, dan blueberry, juga termasuk buah penurun kolesterol. Buah-buahan tersebut kaya akan kandungan serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Tak hanya itu, buah-buahan ini juga rendah gula sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah Anda mengkonsumsinya.


Similar Post You May Like