Kebiasaan Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan, Kurangi Kebiasaan Ini!

Wpfreeware 2022-11-09 13:00:00 health

Source: Pinterest

Jika sebagian besar aktivitas anda mengharuskan banyak duduk, sebaiknya mulai berhati-hati karena berbahaya bagi kesehatan, tentu kebiasaan ini harus segera anda perbaiki.

Walaupun kita tahu banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk duduk terlalu lama, misal seperti pekerjaan kantoran, bepergian menggunakan kendaraan, atau aktivitas lainnya yang mengharuskan seseorang menghabiskan waktu selama 6 jam setiap hari untuk duduk.

Pada saat posisi duduk aktivitas otot menjadi lebih sedikit sehingga kurang aktif, jadi jika terlalu lama, akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur gula arah dan tekanan darah, juga memperlambat kerja metabolisme dan menguraikan lemak tubuh.

Inilah kenapa duduk terlalu lama akan berpengaruh terhadap kesehatan, dan memicu diabetes tipe 2, obesitas, kanker, dan demensia. Bahkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah juga diketahui bisa meningkat.

Duduk terlalu lama ditambah posisi yang tidak benar membuat punggung, bahu, dan pinggul terasa nyeri. Kebiasaan ini membuat kepadatan tulang menurun dan berisiko terkena osteoporosis lebih cepat.

Disamping itu duduk terlalu lama tak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, namun berdampak juga pada kesehatan mental, ini karena risiko kecemasan dan depresi akan lebuh tinggi ketika setiap hari dihabiskan dengan duduk dan tidak aktif bergerak.

(FOTO: pexels)

Lalu bagaimana cara menghindari dampak buruk karena duduk terlalu lama?

Para ahli menyarankan untuk istirahat dari posisi duduk setiap 30 menit sekali. Di waktu ini, kamu bisa berdiri, berjalan-jalan, atau naik-turun tangga. manfaatkan waktu istirahat dengan melakukan peregangan ringan. Hal ini penting dilakukan meski kamu termasuk orang yang rutin berolahraga.

Ada juga beberapa tips yang bisa anda lakukan, terutama pada saat bekerja, pastikan layar monitor sejajar dengan mata agar kamu tidak membungkuk atau mendongak saat melihat layar.

Selain itu sesuaikan juga cahaya monitor agar tidak terlalu terang atau gelap. Selanjutnya Gunakan kursi untuk menyangga punggung dengan baik. Anda juga bisa menggunakan bantal agar punggung lebih nyaman.

Biasanya pada kursi bisa diatur ketinggiannya jadi sesuaikan dengan postur tubuh anda, termasuk pada meja. Adapun posisi duduk yang baik yaitu tinggi lutut berada sedikit di bawah pinggang.

Sesuaikan tinggi meja dan kursi agar posisi siku hingga jari tangan lurus ketika mengetik. Gunakan pijakan atau kursi kecil supaya kaki bisa menjejak dengan nyaman. Hindari berjinjit atau menyilangkan kedua kaki karena bisa menyebabkan kaki kesemutan. Gunakan sandaran pergelangan tangan bila kamu cukup sering menggunakan mouse.

Similar Post You May Like