Sedang Hamil Tua? Waspada Berbagai Penyakit Kulit Berikut!

Wpfreeware 2022-11-14 07:15:39 health

Source: Pinterest

Selama masa kehamilan terdapat beberapa perubahan kadar hormon, sirkulasi darah dalam tubuh, serta penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut sangatlah wajar namun jangan sampai dibiarkan. Pasalnya saat memasuki masa kehamilan tua bobot tubuh yang bertambah saat hamil juga rentan memicu masalah kulit seperti stretch mark, jerawat dan masih banyak lagi.


Karena hal tersebut Anda perlu waspada akan kesehatan kulit, yuk intip berbagai penyakit berikut yang terjadi saat masa kehamilan.


Bercak hitam pada wajah

Source: Pinterest

Ibu hamil kerap kali mengalami melasma atau bercak hitam pada beberapa bagian kulit wajah, seperti dahi, pipi, dagu, dan di sekitar bibir. Munculnya bercak hitam pada wajah disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan yang memicu tubuh untuk memproduksi melanin. Untuk mencegah bercak hitam ini, Bumil dapat menggunakan tabir surya dengan SPF 30 ketika hendak keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.


Jerawat (pregnancy pimples)


Source: Pinterest

Perubahan hormon selama hamil dapat membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum. Hal ini akan meningkatkan resiko munculnya jerawat dan memperparah jerawat yang sudah ada. Nah, untuk mengurangi risiko munculnya jerawat saat hamil, Bumil dapat membersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun wajah berbahan ringan tanpa pewangi, serta menggunakan pelembap dan kosmetik berlabel oil-free atau non-comedogenic.


Stretch marks


Source: Pinterest

Meregangnya kulit seiring perut ibu hamil yang kian membesar merupakan pemicu munculnya stretch marks. Sebenarnya, kulit memiliki elastisitas yang dapat beradaptasi terhadap perubahan. Namun, jika pertambahan berat badan dan ukuran janin memaksa kulit ibu hamil meregang sampai melewati batas maksimal, akan muncul stretch marks di kulit.


Biasanya stretch marks muncul pada perut, payudara, paha, dan bokong. Untuk mencegah atau mengatasi masalah kulit ini, Bumil dapat mengoleskan minyak almond, minyak argan, atau minyak zaitun pada kulit secara teratur.


Varises


Source: Pinterest

Ternyata ibu hamil juga berisiko mengalami varises karena tubuh sedang menyesuaikan diri untuk menyuplai darah ke janin. Varises ditandai oleh guratan kebiruan yang biasanya terlihat pada tungkai dan kaki. Selain mengganggu penampilan, varises juga bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan dapat menimbulkan rasa gatal atau sakit. Bumil bisa mencegah dan mengurangi gejala yang muncul akibat varises dengan menggunakan stocking.


Similar Post You May Like