Tak Hanya Mengusir Rasa Kantuk, Kafein Memiliki Manfaat Lainnya Untuk Kesehatan

Wpfreeware 2022-12-01 13:00:00 health

Source: Pinterest

Manfaat kafein tak hanya untuk mengusir rasa kantuk, masih ada beragam manfaat lainnya untuk kesehatan. karena kafein merupakan zat alami yang banyak terkandung di dalam tanaman teh, kopi, dan kakao.

Biasanya minuman berenergi atau teh pelangsing sering ditambahkan zat tersebut. setelah dikonsumsi, kafein akan diserap ke aliran darah kemudian dibawa ke hati untuk dipecah menjadi senyawa yang bisa memengaruhi fungsi berbagai organ.

Menarik untuk kita ketahui apa saja manfaat dari kafein bagi kesehatan. namun kafein di sisi lain akan memperburuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dari itu mengkonsumsi kafein harus sesuai dengan takaran, biasanya takaran kafein yang aman yakni 200-400 mg per hari atau sekitar 2-4 cangkir kopi atau 4-8 cangkir teh per hari. Namun, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya penyakit jantung, kurangi dosis konsumsi kafein hingga setengah dari rekomendasi asupan normal.

Berikut ini beragam manfaat kafein untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh:

-          Meningkatkan fokus dan kewaspadaan

-          Menurunkan risiko sakit jantung dan diabetes

-          Menurunkan berat badan

-          Meningkatkan performa olahraga

-          Mengurangi rambut rontok

-          Meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif

-          Mencegah penyakit kanker

(FOTO: pexels)

Salah satu sumber kafein yaitu kopi, dihubungkan dengan penurunan risiko terjadinya penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker endometrium, kanker kulit, dan kanker hati. Di sisi lain manfaat ini bisa juga berasal dari antioksidan dan antiradang alami yang terdapat pada kopi.

Saat anda ingin menikmati kopi, atau teh perlu diingat untuk tidak melebihi dosis kafein harian yang disarankan. Hindari juga menambahkan terlalu banyak krim atau gula pada kopi atau teh anda. Dengan begitu manfaat kafein bisa secara terasa dan maksimal bagi kesehatan.

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter apakah Anda boleh mengonsumsi kafein dan berapa banyak minuman berkafein yang boleh Anda konsumsi.

Similar Post You May Like