Punya Sifat Gak Enakan Ternyata Memiliki Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Wpfreeware 2022-12-07 11:00:00 health

Source: Pinterest

Di Antara Kalian pasti ada yang memiliki sifat gak enakan atau disebut dengan people pleaser. Sifat ini merupakan hal yang lumrah dan pada dasarnya dia adalah orang yang baik.

Orang Gak Enakan tak hanya memikirkan diri sendiri tapi juga orang lain. Akan tetapi menjadi orang yang gak enakan sangat bisa merepotkan diri sendiri.

Anda menjadi sering merasa Serba Salah, ragu mengungkapkan isi pikiran yang sebenarnya, takut menyinggung perasaan orang lain, bahkan ragu untuk berkata tidak atau menolak, dan hal yang lainnya.

Sifat gak enakan tentu tidak bisa dibiarkan secara terus-menerus, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan mental anda. Di mana sisi lain dari sifat ini anda akan merasa bahwa posisi orang lain lebih tinggi dari Anda, sehingga mereka harus lebih diprioritaskan dibandingkan diri sendiri.

(FOTO: pexels)

Dampak punya sifat gak enakan terhadap kesehatan mental

Pertama, anda selalu merasa bersalah meskipun bisa jadi benar, ketika terdapat sebuah masalah orang yang memiliki sifat keenakan akan cenderung mengalah saja demi menghindari perselisihan. Secara tidak langsung menjadi sebuah kebiasaan dan anda akan selalu mengalah di manapun Anda berada.

Terdapat dua sisi dari kondisi ini, anda tidak akan terlalu membesar-besarkan masalah, Namun jika orang-orang terbiasa melihat anda sering mengalah tidak menakutkan mereka akan bersikap semena-mena terhadap anda. Mereka akan cenderung bersikap egois, karena mengetahui Anda tidak akan melawan.

Selain itu, efek memiliki sifat nggak enakan membuat membuat diri kita tidak mempunyai prinsip, sulit untuk mengatakan tidak, kita akan mengalami kesulitan dalam memutuskan suatu hal, karena terpaku pada orang lain, dan tidak ingin mengecewakan orang lain.

Penting untuk anda bisa memprioritaskan diri sendiri, karena siapa lagi yang akan menyayangi anda selain diri sendiri, yang terpenting anda bisa mencintai diri sendiri, dan membahagiakan diri sendiri sebelum anda mencintai dan membahagiakan orang lain.

Similar Post You May Like