Hadirkan Ruang Diskusi dan Berkarya Bersama Komunitas Lokal, Berikut Rangkaian Kegiatan Gramedia x Bank BTN Mozaik Bandung

Wpfreeware 2023-01-11 08:34:16 hotnews

JAKARTA, 10 Januari 2023 - Gramedia bersama Bank BT kembali menghadirkan Mozaik; sebuah intellectual property dari Gramedia yang mengkombinasikan tiga unsur, yaitu seniman mural, musik, dan literasi. Setelah sukses di kota Medan dan Manado, kini Mozaik kembali hadir di kota kembang, Bandung dengan memberikan point of interest baru di store Gramedia. Mozaik Bandung dilaksanakan secara hybrid pada 10 - 15 Januari 2023 di Gramedia Merdeka Bandung.


Acara ini juga menjadi momentum Gramedia untuk memperkenalkan Merdeka Creative Space; sebuah ruang terbuka untuk anak muda berdiskusi dan mengembangkan idenya dalam dunia kreatif. Merdeka Creative Space diresmikan secara langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Drs. Benny Bachtiar, M. Si pada 10 Januari 2023.


Dalam seremoni peresmiannya, Merdeka Creative Space dipenuhi oleh grafiti yang dibuat oleh Maorachmansyah Rinaldi Chikal alias Miao.exe. Miao.exe adalah seorang graffiti writer asal Bandung yang terkenal dengan gambar karakternya yang bernama Miao. Miao.exe sendiri sering mendigitalisasi beberapa karyanya untuk dijual di marketplace NFT. Pada tahun 2020, Miao.exe berkolaborasi dengan NAH Project untuk kostumisasi visual pakaian, mulai dari kaos, hoodie, hingga sepatu yang dilelang ke publik.


Graffiti yang ditampilkan Miao.exe, merupakan visualisasi dari beberapa karya best seller penulis buku Gramedia, diantaranya, Tim Hilman Lupus, Leigh Bardugo, Sweta Kartika, J.S. Khairen, Fajar Aditya (RJL5), dan Valerie Patkar. Proses visualisasi ini dapat pengunjung nikmati selama periode Mozaik Bandung berlangsung.


Lebih lanjut, Mozaik Bandung juga menghadirkan beberapa penulis buku dan para penggiat literasi untuk mengisi sesi talkshow, dan book talk. Diantaranya Ziggy Z, Afutami, Khansa A. N., Jenni Alfikri, Fajar Aditya, Leila Chudori, Iksaka Banu, JS Khairen, dan Leigh Bardugo. Pengunjung juga dapat mengikuti sesi book launching terbaru terbitan Gramedia.


Sekolah dan komunitas-komunitas lokal Jawa Barat turut memeriahkan acara ini dengan penampilan seni mulai dari seni tari, angklung hingga drama. Tidak hanya itu, Creative Talks dan sketch jamming juga hadir sebagai sesi eksklusif bagi para komunitas untuk berkarya dan berdiskusi. Di sesi Creative Talks, hadir pelaku seni, musik, dan komunitas di Bandung. Para pelaku komunitas dapat diskusi bersama tentang bagaimana cara mengembangkan potensi daerah melalui sektor kreatif milenial. Lalu, ada sketch jamming bersama Graffiti Writers Bandung yang juga berkolaborasi dengan salah satu brand spray paints Indonesia.


Bersama dengan Bank BTN turut menghadirkan UMKM lokal dari Bandung, Para pengunjung dapat menemukan stand-stand UMKM yang menjual berbagai macam produk. Ada juga bazar jajanan 80an sampai bazar barang antik seperti vinyl, kamera analog, kaset tape, hingga mainan koleksi dengan nuansa era 80-90an di Merdeka Creative Space.


Setelah rangkaian kegiatan di atas, pengunjung dapat menikmati penampilan dari para musisi yang diundang dalam Mozaik Bandung. Di hari penutupan, pengunjung dapat melihat penampilan dari para komika Stand Up Indo Bandung, Instinc, Mr. Sonjaya, dan Mocca.


Similar Post You May Like