Tips Berkendara Efisien Dengan Menggunakan Sepeda Motor

Wpfreeware 2023-05-29 02:34:07 hotnews

Untuk menunjang aktivitas harian, sepeda motor masih menjadi pilihan banyak orang. Selain karena kepraktisannya, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien juga menjadi salah satu pertimbangannya. Oleh karena itu, untuk mendukung konsumsi bahan bakar yang efisien, diperlukan beberapa tips mengenai gaya berkendara yang efektif dan cara merawat kendaraan yang benar.


“Berkendara sehari-hari dengan sepeda motor menjadi pilihan bagi banyak orang, selain karena lebih praktis, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien juga menjadi salah satu alasannya. Karena itu, diperlukan beberapa penyesuaian cara berkendara untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang efisien, seperti menjaga kecepatan, rencanakan perjalanan, hingga merawat sepeda motor dengan baik, ”papar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).


Berikut ini adalah beberapa tips berkendara efisien bahan bakar dengan mengunakan sepeda motor;


1. Cek Kondisi Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban cukup berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor. Karena itu, sesuaikan tekanan ban dengan standar pabrikan dan cek secara berkala kondisinya. Kondisi ban yang kurang angin akan membuat permukaan ban mejadi lebih lebar, sehingga gesekan antara ban dan permukaan jalan akan menjadi lebih tinggi. Akibatnya kinerja mesin jadi lebih berat dan konsumsi bahan bakar akan meningkat.  

 

2. Rencanakan Perjalanan

Merencanakan rute perjalanan dengan tepat sangat diperlukan untuk menghindari konsumsi bahan bakar yang tidak perlu. Pilih jalur yang lebih dekat, hindari jalan yang macet dan siapkan juga jalur alternatif jika diperlukan. Dengan perencanaan perjalanan yang baik, jarak tempuh bisa dikurangi dan konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.


3. Buka-Tutup Gas secara Perlahan

Guna mendapatkan akselerasi yang lebih cepat, kita sering memutar penuh gas secara mendadak. Cara yang satu ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi, maka dari itu sebaiknya dihindari. Cara ini juga akan membuat gaya berkendara lebih agresif sehingga perlu kewaspadaan yang lebih tinggi oleh pengendara maupun orang disekitarnya. Selain itu berkendara dengan cara Stop and Go terlalu sering juga bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin meningkat.


4. Jaga Kecepatan

Tips mengemudi harian agar lebih efisien selanjutnya adalah menjaga kecepatan sepeda motor. Mengatur laju kendaraan yang konstan antra 40 sampai 60 km per jam akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Selain itu berkendara dengan kecepatan konstan membuat motor lebih nyaman dan mudah dikendalikan.


5. Bawa Barang Secukupnya

Saat membawa beban berlebih, mesin sepeda motor akan bekerja lebih ekstra, sehingga mesin membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Karena itu, bawalah barang secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan.


6. Lakukan Perawatan Secara Berkala

Kondisi sepeda motor yang prima dapat membuat performa kendaraan selalu terjaga dan konsumsi bahan bakar tetap efisien. Perawatan berkala sesuai rekomendasi pabrikan dan penggunaan bahan bakar yang dianjurkan, akan membuat kinerja mesin dan proses pembakaran di dalam ruang bakar menjadi lebih baik. Efek dari proses pembakaran yang optimal, akan membuat bahan bakar menjadi efisien. Karena itu, lakukan perawatan sepeda motor di Bengkel Resmi Yamaha dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.


Selain kebutuhan akan sepeda motor yang irit bahan bakar, performa mesin yang maksimal juga sangat dibutuhkan untuk mendukung mobilitas harian konsumen. Teknologi mesin Blue Core pada sepeda motor matic Yamaha, akan membuat motor Yamaha menjadi lebih Efisien, Bertenaga dan Handal di setiap medan jalan, sehingga akan sangat mendukung pengalaman berkendara harian konsumen.

 

Similar Post You May Like