Mengidap Psoriasis? Hindari Pantangan Berikut!

Wpfreeware 2023-06-09 04:11:52 health

Psoriasis merupakan salah satu penyakit yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel kulit secara tak terkendali. Penyakit kulit ini bisa kambuh jika kondisi kesehatan menurun akibat gaya hidup yang kurang sehat. Penyakit ini cenderung lebih sensitif dan apik dari penyakit lainnya. Asupan makanan pun harus diperhatikan untuk mencegahnya, yuk Sobat Glamours perhatikan daftar pantangan penderita psoriasis berikut ini!


Daging merah

Source: Pinterest

Daging merah mengandung lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat) yang disebut asam arakidonat. Asam lemak yang satu ini dapat membuat gejala psoriasis makin parah karena bisa memicu peradangan di dalam tubuh. Peradangan itu sendiri membantu mendorong kambuhnya gejala psoriasis. Risikonya tidak hanya pada kulit, tapi juga gejala yang menyerang sendi Anda.


Produk susu dan olahannya

Source: Pinterest

Produk susu juga mengandung asam arakidonat, senyawa yang menjadi pemicu peradangan alami di dalam tubuh. Selain itu, susu sapi mengandung protein kasien yang terbukti dapat memicu peradangan. Untuk itu, usahakan untuk menghindari berbagai produk susu dan olahannya seperti keju dan yoghurt saat psoriasis sedang menyerang tubuh.


Alkohol dan soda

Source: Pinterest

Alkohol dan soda adalah minuman yang dapat memperparah psoriasis sehingga tetap menjadi pantangan. Mengkonsumsi lebih dari segelas alkohol dalam sehari dapat memperlebar pembuluh darah.Nantinya, pelebaran pembuluh darah ini akan memicu keluarnya sel darah putih termasuk sel limfosit T yang berperan dalam terjadinya psoriasis.


Terpapar sinar matahari berlebih

Dampak Positif dan Negatif Paparan Sinar Matahari - ZNEWS

Source: Pinterest

Paparan sinar matahari yang terus-menerus dapat menyebabkan sunburn. Sayangnya, menurut American Academy of Dermatology Association, sengatan matahari ringan dapat memperburuk psoriasis yang ada dan memicu terbentuknya psoriasis baru. Karenanya hindari paparan sinar matahari.


Stres

Source: Pinterest

Pantangan penderita psoriasis yang tak kalah penting adalah stres. Pasalnya, stres dapat menjadi pemicu munculnya gejala psoriasis maupun memperburuk kondisi Anda. Sebisa mungkin hindari pemicu stres dan melakukan beberapa langkah pencegahan dengan memperbaiki gaya hidup Anda.


Cobalah melakukan olahraga teratur, makan makanan bergizi, dan cukupi kebutuhan tidur untuk mencegah stres yang berakibat pada kambuhnya penyakit kulit ini. Selain itu pola hidup sehat dan beberapa pantangan harus dihindari untuk pencegahan penyakit.


Similar Post You May Like