Yuk Terapkan Work Life Balance Dengan 8+8+8 Rule

Wpfreeware 2023-08-03 13:00:00 health

Source: Pinterest

Sobat Glamours pastinya sudah tidak asing dengan istilah “Work Life Balance” kan? Kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan hal-hal pribadi merupakan suatu lifestyle yang sangat diidam-idamkan oleh semua orang. Pasalnya masih banyak orang-orang yang belum konsisten dan menerapkan gaya hidup tersebut.


Work life balance sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan mental Anda. Tidak bisa dipungkiri penyebab utama penyakit berasal dari pikiran yang stres dan tidak sehat. Namun ternyata gaya hidup tersebut tidak hanya penting bagi kesehatan tapi juga bagi produktivitas individu dan perusahaan. Contohnya seperti fokus dan konsentrasi Anda akan lebih maksimal sehingga mampu memunculkan inovasi-inovasi baru yang tentunya akan berefek positif pada pekerjaan.


Sobat Glamours yang hendak memulai gaya hidup work life balance ini bisa fokus pada 8+8+8 Rule yang berasal dari Sheetal Bansal, seorang anggota dewan penasihat Harward Business Review. Tips tersebut ia bagikan melalui LinkedIn. Yuk simak penjelasan lengkapnya!


8 Hour Work

Source: Pinterest

Sejatinya manusia memiliki 24 jam waktu yang bebas ia pergunakan, namun dalam 8+8+8 Rule ini, waktu akan dibagi sesuai dengan porsinya. Yang pertama adalah 8 jam untuk bekerja, hal ini ditinjau secara ideal sehingga Anda tidak memiliki pekerjaan yang harus dibawa ke rumah. Sehingga fokus dan konsentrasi Anda saat bekerja tidak terdistraksi dengan hal-hal seperti cucian, setrika dan lain-lain.


8 Hour Sleep

Source: Pinterest

Kemudian menyisihkan waktu 18 jam untuk tidur. Menurut kesehatan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam per harinya untuk membantu menghasilkan tisur yang berkualitas. Selain itu, hal ini juga membantu Anda beristirahat secara baik dan maksimal sehingga keesokan harinya Anda terbangun dengan fresh. 


8 Hour Sosial

Source: Pinterest

Last but not least yaitu 8 jam untuk kegiatan pribadi dan sosial. 8 jam ini dibagi kembali menjadi 3 bagian. 3 jam untuk menikmati waktu bersama keluarga, teman, dan iman. 3 jam selanjutnya menyempatkan waktu untuk kesehatan, kebersihan, dan hobi. 3 jam terakhir adalah menyediakan waktu untuk perasaan/mental kita, treatment diri, dan selalu tersenyum.


Dengan menggunakan rumus ini, para pakar psikologi sepakat bahwa peluang untuk memperbaiki masalah-masalah di atas lebih besar. Mengenai delapan jam pertama, yang kita dedikasikan untuk pekerjaan kita, penekanan khusus harus diberikan pada tugas-tugas yang membutuhkan upaya dan konsentrasi terbesar untuk menjadi seproduktif mungkin. Selamat mencobanya Sobat Glamours!


Similar Post You May Like