Sedang Burnout? Langsung Atasi Dengan Tips Berikut!

Wpfreeware 2023-08-25 04:31:10 health

Sobat Glamous pernahkah merasa burnout? Burnout sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi stres berat yang dipicu oleh pekerjaan. Burnout sebaiknya harus segera ditangani, dan tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, proses penanganannya perlu diatasi dengan tepat karena dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.


Meski sering disamakan dengan stress biasa, burnout ini ternyata memiliki ciri-ciri yang lebih spesifik, seperti hilangnya semangat bekerja dan kelelahan, performa kerja menurun, mudah marah, benci dengan pekerjaan sendiri dan bahkan menarik diri dari lingkungan sosial. Parahnya, burnout dapat membuat Anda mudah terkena penyakit karena menurunnya imunitas tubuh.

Jika Sobat Glamours sudah tidak bisa mengatasi burnout yang berujung pada penyakit fisik, maka sebaiknya menggunakan beberapa tips berikut ini untung mengatasi!


List Prioritas

Source: Pinterest

Saat merasa burnout cobalah untuk membuat list prioritas, yang berisi prioritas pekerjaan dari yang penting ke yang kurang penting. Dengan begitu, Anda tahu mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu, sehingga energi yang terkuras tidak terlalu banyak dan waktu lebih efisien dalam pengerjaannya.


Kurangi ekspektasi dan berikan apresiasi terhadap diri sendiri

When Does Self-love Become Unhealthy? - Every Nation Campus

Source: Pinterest

Atur pola pikir dan bersikaplah realistis, sehingga Anda dapat menurunkan ekspektasi terhadap pekerjaan yang tengah dikerjakan. Dengan begitu, kecemasan dan stres di tempat kerja dapat berkurang. Selain itu, jangan lupa untuk memberi apresiasi terhadap diri sendiri terhadap prestasi yang pernah dicapai.


Ceritakan kepada orang yang dapat dipercaya

Dari Curhat Bisa Hasilkan Cuan? Simak 5 Caranya Berikut Ini! - Campuspedia  News

Source: Pinterest

Saat merasa burnout, cobalah untuk menceritakan apa yang Anda rasakan kepada orang-orang terdekat yang dapat Anda percaya. Meski tidak selalu mendapatkan solusi, cara ini dapat membantu melepaskan emosi negatif dan mengurangi stres pekerjaan. Hal tersebut akan membantu Anda mengurangi beban.


Selain itu, Anda juga bisa menerapkan slow living maupun mencoba mencari hobi baru atau melakukan hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk mengatasi burnout. Selamat mencobanya Sobat Glamours!


Similar Post You May Like