Rayakan Hari Gizi Nasional Dengan Konsumsi Gizi Seimbang

Wpfreeware 2024-01-25 07:54:43 health

Pada tanggal 25 Januari ini merupakan peringatan hari gizi nasional yang diperingati setiap tahunnya. Hari peringatan gizi ini merupakan sebuah refleksi diri bahwa pentingnya memperhatikan asupan gizi pada tubuh kita. Hal tersebut juga bisa membuat Sobat Glamours tersadar bahwa step atau perubahan kecil terhadap tubuh akan sangat berpengaruh.


Gizi seimbang sendiri merupakan asupan makanan yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, namun dalam porsi yang cukup. Tentunya nilai gizi yang dibutuhkan oleh setiap orang tidaklah sama. Kebutuhan nilai gizi setiap orang berbeda-beda dan disesuaikan oleh beberapa hal. Contohnya seperti prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik yang dijalankan, perilaku hidup bersih, dan proses mempertahankan berat badan normal.

Source: Pinterest/Indonesiabaik.id

Berikut ini tips untuk dapatkan gizi seimbang, yuk intip langsung selengkapnya berikut ini!


Pola hidup sehat

Source: Pinterest

Menerapkan pola hidup sehat berarti memaksimalkan kebersihan diri dan makanan yang hendak dikonsumsi. Dengan menerapkan perilaku hidup bersih, Anda akan terhindar dari berbagai bakteri, parasit, jamur, hingga virus yang dapat memicu infeksi dalam tubuh. Bahkan, penyakit diare bisa diturunkan risikonya sebanyak 45 persen dengan rajin mencuci tangan.


Berikut waktu yang tepat untuk mencuci tangan untuk membiasakan perilaku hidup bersih, yaitu:

  • Sebelum dan sesudah memegang makanan.
  • Sesudah buang air kecil dan buang air besar.
  • Setelah menyentuh binatang.
  • Sesudah melakukan aktivitas di luar ruangan atau berkebun.
  • Setelah bermain dan melakukan kontak langsung dengan orang lain.


Mengonsumsi makanan beragam

Source: Pinterest

Makanan yang kita konsumsi memiliki jenis dan jumlah nutrisi serta gizi yang berbeda-beda. Sebaiknya Anda mengkonsumsi berbagai makanan agar kebutuhan akan nutrisi seimbang dapat terpenuhi dengan baik. Makanan beragam tersebut diantaranya karbohidrat, serat, protein, dan zat gizi lainnya sehingga mampu menyeimbangkan gizi dalam tubuh.


Olahraga yang cukup

Source: Pinterest

Olahraga atau beraktivitas secara rutin dapat membantu hidup Anda mendapatkan tubuh yang sehat dengan gizi seimbang. Dengan melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan, ini merupakan upaya tubuh dalam menyeimbangkan keluar masuknya gizi, terutama yang menjadi sumber energi utama untuk tubuh.


Itulah beberapa tips untuk mendapatkan gizi seimbang. Meski telah melakukan semua step Sobat Glamours juga harus tetap memantau berat badan apakah terlalu kurus atau obesitas, agar mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan untuk tubuh Anda. Selamat mencoba!


Similar Post You May Like