Gunung Ruang Alami Erupsi! Masyarakat Langsung Evakuasi Mandiri!

Wpfreeware 2024-04-18 05:36:39 hotnews

Source: Google Image

Sejak Rabu pagi (17/04) Gunung Ruang yang berada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), mengalami erupsi. Diantaranya menyebabkan gempa vulkanik mencapai lebih dari 400, dan siang hingga malam erupsi mencapai ketinggian 3 kilometer berupa semburan lava maupun awan panas.


Masyarakat yang berada di sekitarnya melakukan evakuasi sendiri secara langsung pada malam hari. Dilansir dari Kapusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB Abdul Muhari mengatakan masyarakat Pulau Tagulandang yang berada di  radius 6 kilometer mengevakuasi mandiri.


Selain itu beberapa video erupsi Gunung Ruang menjadi viral dan banyak diperbincangkan karena erupsi yang terjadi disertai dengan kilatan petir yang ramai. “Suhu tinggi yang memanaskan ion-ion gas, menyebabkan loncatan muatan listrik, sehingga terjadinya erupsi yang disertai petir" papar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan.

cdn.antaranews.com/cache/1200x800/2024/04/17/IMG-2...

Source: Google Image

Disamping itu pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan pemerintah setempat sudah menetapkan status tanggap darurat pasca-erupsi Gunung Ruang. Terkait itu, BMKG juga memberikan peringatan peningkat kewaspadaan terhadap bahaya potensi tsunami bagi masyarakat pesisir pantai.


Hingga kini Tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro saat ini berada pada level IV yaitu level awas. Diketahui ratusan warga sudah mengungsi akibat erupsi ini dan mulai waspada akan adanya tsunami. Stay Safe everyone! Semoga bencana alam ini segera berakhir dan tidak memakan korban jiwa lainnya!


Similar Post You May Like