Waspada dan Persiapkan Diri Anda Untuk Menghadapi Heatwave!

Wpfreeware 2024-05-02 08:38:42 hotnews

Baru-baru ini Apakah Sobat Glamours merasakan udara panas yang tidak semestinya? Terlebih masyarakat berasumsi bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang dilanda oleh Heatwave atau Gelobang Panas. Dikutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena udara panas yang melanda Indonesia beberapa hari terakhir bukan merupakan gelombang panas atau heatwave.


“Jika ditinjau secara karakteristik fenomena, maupun secara indikator statistik pengamatan suhu kita tidak termasuk ke dalam kategori heatwave, karena tidak memenuhi persyaratan sebagai gelombang panas,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Kamis.


Beliau menjelaskan bahwa berdasarkan hasil rekap BMKG selama 24 jam terakhir suhu sebagian besar wilayah Indonesia cukup meningkat sebesar lima derajat di atas suhu rata-rata maksimum harian, dan sudah bertahan sekitar lebih dari lima hari. Meski terasa lebih panas sebelumnya, Namun suhu tersebut bukanlah Heatwave yang melanda beberapa negara tetangga seperti Myanmar, Thailand, India, Bangladesh, Nepal, dan China.

Mengenal Apa Itu Heatwave, Dampak dan Risikonya | NU Online Jabar

Source: Pinterest

Namun dikarenakan terjadi peningkatan suhu panas, Sobat Glamours tetap harus waspada dan mempersiapkan beberapa tips untuk menghadapi panasnya Indonesia. Yuk langsung intip beberapa tips berikut!


Cegah Dehidrasi. Anda perlu memberikan kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, salah satu caranya adalah dengan rutin meminum air yang banyak dan jangan menunggu hingga haus.

  • Hindari minuman yang mengandung kafein,minuman berenergi,alkohol dan minuman yang manis.
  • Hindari kontak dengan matahari secara langsung, Anda bisa menggunakan payung dan topi untuk meminimalisir hal tersebut.
  • Pakailah baju dengan bahan yang adem, longgar dan ringan digunakan. Hindari juga penggunaan warna gelap pada baju.
  • Sebisa mungkin berteduh atau tetap di dalam ruangan mulai dari jam 11.00 - 15.00.
  • Gunakan juga tabir surya SPF 30 + setiap dua jam untuk melindungi kulit.


Itulah beberapa hal yang bisa Sobat Glamours lakukan untuk menghindari suhu dan juga udara yang panas. Stay Healthy everyone!

Similar Post You May Like