Jalan Riau Di Kota Bandung Ternyata Memiliki Sejarah Panjang

Wpfreeware 2021-09-09 05:00:39 Ngebandung

Bandung merupakan Kota yang memiliki banyak jalan protokol yang selalu banyak dilewati oleh berbagai kendaraan yang berlalu-lalang. Salah satu jalan yang berada di pusat Kota Bandung dan ramai dikunjungi banyak orang karena terdapat factory outlet dan restoran-restoran ternama di dalamnya adalah Jl.LRRE Martadinata atau yang biasa dikenal dengan jalan Riau. Siapa sangka, ternyata jalan yang menjadi tempat nongkrong warga Bandung ini menyimpan sejarah panjang.

Jalan Riau memiliki panjang 3 KM yang dimulai dari perempatan Jalan Jenderal Ahmad Yani hingga perpotongan jalan Wastu Kencana. Sekitar pada abad 19, tepatnya pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, jalan Riau menjadi jalanan yang bersejarah. Dulunya, jalan ini diberi nama Riouwstraat yang pernah menjadi tempat aktivitas kelompok elit Eropa. Menjadi sebuah kawasan perumahan elit untuk orang-orang Eropa. Kawasan kegiatan tersebut dulunya diberi nama Europese Zakenwijk.

Selain kini kawasan jalan riau dipenuhi banyak factory outlet, disana juga terdapat beberapa taman yang merupakan peninggalan zaman Belanda. Beberapa taman tersebut diantaranya Lapangan Pramuka yang kini menjadi Taman Persib dan Taman Pramuka. Dulunya, kawasan Taman Pramuka dan Supratman menjadi camp internir atau tempat penawanan orang Eropa saat penjajahan Jepang. Barulah ketika pergantian kekuasaan dari Pemerintahan Kolonial Belanda ke Pemerintahan Jepang jalan Riau memiliki bbeberapa perubahan. Seperti perubahan pada struktur bangunan yang dibuat benteng dan pos penjagaan tantara Jepang.


Barulah setelah kemerdekaan telah direbut oleh masyarakat Indonesia, beberapa rumah orang Eropa kemudian di ambil alih menjadi hak milik masyarakat Indonesia dan beberapa rumah lainnya menjadi hak negara. Dan seiring waktu berjalan, lahan pemukiman yang jaraknya dekat pusat pemerintahan kemudian di alih fungsikan sebagai lahan bisnis.

Seperti yang bisa kita lihat sekarang, jalan Riau kini menjadi pusat fashion, tempat makan dan juga hotel, perbankan dan lainnya. Untuk mempermudah pemetaan lokasi, nama-nama jalan di Bandung diambil berdasarkan nama pulau di Indonesia. Begitupun jalan di sekitar jalan Riau pun menggunakan nama daerah lain seperti Jalan Aceh, Jalan Sumatera, Jalan Lombok, Jalan Sumbawa dan lainnya.    

Jalan Riau kemudian berganti menjadi jalan LLRE Martadinata. Dimana nama itu diambil dari nama seorang laksamana laut kelahiran Bandung Laksamana Laut Raden Edi Martadinata yang tewas dalam kecelakaan helikopter di Pangalengan pada tahun 1966. 

Similar Post You May Like