Makanan Tradisional Ini Bisa Anda Nikmati Di Bandung

Wpfreeware 2021-09-10 09:00:45 Kuliner

Bandung memang surganya para pecinta kuliner karena terdapat banyak makanan yang bisa anda cicipi. Terlebih di Bandung juga memiliki banyak makanan khas Nusantara yang dapat memanjakan lidah. Makanan khas Priangan utamanya, anda bisa menikmati sensasi masakan berbagai kulinernya dengan rasa yang lezat. Beberapa kuliner khas Priangan ini diantaranya bisa anda nikmati di Bandung dan bahkan banyak di jual. Berikut merupakan beberapa makanan tradisional yang bisa anda temukan di Bandung.

Colenak


Nama Colenak sendiri diambil dari singkata Dicocol enak. Kudapan ini berasal dari Bandung dan diperkenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930. Makanan ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang di bakar kemudian dipadukan dengan saus yang terbuat dari gula merah tak lupa parutan kelapanya. Colenak sangat cocok anda cicipi ditambah dengan udara Bandung yang dingin.

Karedok


Karedok merupakan makanan khas Priangan yang menyajikan sayuran mentah seperti Toge, Kubis, Daun Kemangi, Mentimun dan lainnya. Ditambah dengan siraman kaus kacang yang bisa anda pilih tingkat kepedasannya. Ditambah saus karedok yang khas yaitu campuran  terasi beserta gula jawa sehingga taste Sundanya sangat terasa. Karedok biasanya dijadikan makanan pelengkap bagi orang Sunda.

Gepuk


Gepuk merupakan masakan khas Bandung yang terbuat dari daging sapi. Gepuk memiliki rasa yang sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk terbuat dari daging yang diiris searah dengan serat daging, kemudian direbus setengah matang, lalu pukul hingga sedikit empuk. Kemudian setelah empuk, dagingnya lalu di rendam ke dalam bumbu yang telah disediakan dan adonan santan. Rebus kembali hingga air dan santan tersebut menyusut. Gepuk ini akan terasa sangat nikmat ketika anda padukan dengan nasi hangat beserta sambal.

Nasi Timbel


Jika anda berkunjung ke restoran khas Sunda, pastilah anda akan menemukan menu nasi timbel. Nasi timbel merupakan nasi panas yang dibungkus dengan daun pisang. Daun pisang berfungsi untuk membuat aroma nasi lebih harum lagi. Nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng/bakar, tahu, tempe, gepuk, ikan asin, jambal roti dan sayur asem. Tak lupa sambel terasi membuat nasi timbel menjadi lebih berasa lagi.  

Similar Post You May Like