Selalu Lapar Setelah Olahraga? Yuk Atasi Dengan Tips Berikut!

Wpfreeware 2023-10-16 04:27:22 health

Tahukah Sobat Glamours? Rasa lapar yang muncul setelah beraktivitas berat termasuk olahraga merupakan reaksi tubuh untuk memulihkan energi dan mengembalikan kondisinya seperti semula. Namun,kondisi ini juga bisa disebabkan karena olahraga yang berlebihan sehingga tubuh membutuhkan energi lebih.


Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut, yuk Sobat Glamours langsung intip selengkapnya disini!


Perhatikan waktu makan

Ingin Lebih Sehat? Sesuaikan Waktu Makan dengan Jam Tubuh - KlikDokter

Source: Pintest

Waktu makan berpengaruh terhadap performa dan pemulihan tubuh. Menurut para ahli, waktu terbaik untuk makan yakni 30 – 60 menit sebelum mulai berolahraga. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan energi tanpa membuat perut terasa tak nyaman. Bila perlu, sesuaikan porsi sarapan, makan siang, dan makan malam agar Anda dapat makan sebelum olahraga dengan nyaman.


Pilih komposisi makanan

5 Cara Memilih Makanan Sehat untuk Keluarga

Source: Pinterest

Untuk melawan rasa lapar setelah olahraga, pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah yang sesuai. Jika Anda melakukan olahraga aerobik, sumber karbohidrat dan protein sehari-hari biasanya cukup untuk memulihkan energi. Sehingga setelahnya tidak akan terlalu lapar. 


Terapkan “mindful eating“

Stress Awareness: A Guide to Mindful Eating - EVEXIAS Health Solutions

Source: Pinterest

Mindful eating merupakan cara makan dengan kesadaran penuh terhadap makanan, tujuan makan, dan momen saat Anda makan. Dengan kata lain, Anda fokus untuk makan tanpa melakukan aktivitas lain seperti bermain ponsel, bekerja, dan lain-lain. Kebiasaan ini merupakan hal kecil yang mampu membuat perubahan besar.


Konsumsi cemilan sehat

10 Cemilan Sehat yang Mudah Didapatkan, Mulai Rp 7 Ribuan

Source: Pinterest

Jatah camilan sehat yang dibagi secara berkala sepanjang hari dapat membantu Anda memerangi rasa lapar setelah olahraga. Waktu terbaik untuk makan camilan yakni 60 menit sebelum mulai berolahraga. Pilihlah camilan sehat yang padat energi dan zat gizi, terutama karbohidrat dan protein. Contoh camilan yang bisa Anda konsumsi yaitu:


  • pisang, apel, atau buah segar lainnya,
  • smoothie buah,
  • yogurt,
  • energy bar atau granola bar rendah lemak,
  • roti lapis isi selai kacang, atau
  • minuman olahraga.


Itulah beberapa tips untuk membuat Anda terhindar dari lapar setelah olahraga. Selain itu Anda juga perlu minum air putih yang banyak dan cukup. Sehingga Anda terhindar dari dehidrasi saat olahraga dan setelahnya. Jangan lupa untuk menerapkannya ya!

Similar Post You May Like