Tips Memanfaatkan Limbah Rumah Tangga Organik, Mudah dan Aman!

Wpfreeware 2024-02-21 07:48:34 Kuliner

Salah satu sampah yang memiliki skala besar adalah limbah makanan rumah tangga. Tidak dapat dipungkiri bahwa Sobat Glamours setiap harinya memasak dan mempersiapkan segala hal, tidak heran sampah yang dihasikan pun akan banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir akan mencemari lingkungan, karena terdapat beberapa tips dan cara untuk memanfaatkan limbah rumah tangga tersebut.


Dalam upaya memanfaatkannya Sobat Glamours bisa mendapatkan banyak keuntungan untuk beberapa hal, seperti pestisida alami, pupuk dan lain sebagainya. Sobat Glamours yang penasaran yuk intip tips mudah dan aman untuk memanfaatkan limbah rumah tangga berikut ini!


Rendaman air bawang merah

Source: Pinterest

Bawang merah memiliki kulit yang harus dikupas saat hendak mengkonsumsinya. Anda bisa dengan mudah mengupas kulitnya dengan cara merendamnya terlebih dahulu menggunakan air hangat atau panas kemudian dikupas dengan mudah. Sisa rendaman air nya dan kulitnya bisa digunakan untuk pupuk cair alami atau pestisida alami.


Air cucian beras

Source:

Saat membersihkan dan mencuci beras, air yang pertama kali dibilas jangan sampai dibuang ya Sobat Glamours! Anda bisa memanfaatkan air tersebut untuk mencuci alat makan, khususnya untuk piring, gelas dan mangkuk yang berbahan keramik. Selain itu air yang mengandung nutrisi dapat disiramkan pada akar tanaman di sekitar rumah Anda.


Cangkang telur

Source: Pinterest

Olahan telur ayam menjadi limbah paling banyak dikonsumsi, hal ini bisa bermanfaat dalam jumlah yang besar. Cuci cangkang telur hingga bersih, kemudian keringkan atau jemur dan step terakhir adalah diremukkan dan di bubukkan dengan blender. Hal tersebut bermanfaat untuk mengasah mata blender atau chopper, serta mampu menyuburkan tanaman.


Itulah beberapa manfaat dari limbah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan kembali untuk kehidupan sehari hari. Bagaimana bermanfaat bukan? Sobat Glamours yang ingin mencobanya bisa langsung intip tips diatas! Selamat mencoba.


Similar Post You May Like