Berhenti Menggunakan Mentega, Yuk Beralih Ke Bahan Sehat!

Wpfreeware 2024-04-02 07:57:48 health

Sobat Glamours siapa yang sudah mulai aware terhadap kesehatan diri Anda? Salah satunya dengan mengganti mentega. Terlebih jika Anda hendak mengubah pola makan atau mengurangi asupan lemak jenuh. Bahkan tidak semua orang bisa mengonsumsi mentega karena berbagai alasan, seperti alergi susu dan intoleransi laktosa. Lantas bahan apa saja yang bisa mengganti peran dari mentega itu sendiri? Yuk langsung kepoin berikut ini!


Minyak Kelapa

Source: Pintere

Minyak kelapa dapat dijadikan bahan pengganti mentega dengan perbandingan 1 : 1  seperti 1 gram minyak kelapa setara dengan 1 gram mentega. Pasalnya mengganti mentega dengan minyak kelapa adalah hal yang tepat, karena memiliki kandungan lemak baik. Sehingga semua sajian kue menjadi lebih sehat dan beberapa olahan lainnya akan berdampak sama.


Minyak Zaitun

Source: Pinterest

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega. Untuk 1 cangkir mentega, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun sebanyak ¾ cangkir. Namun minyak ini memiliki kekurangan yaitu tidak dapat dijadikan kue yang membutuhkan lemak padat atau yang membutuhkan krim, seperti frosting cake.


Greek Yogurt

Source: Pinterest

Memiliki banyak manfaat greek yogurt juga cocok untuk kandungan protein dalam kue sehingga membuatnya menjadi lebih lembut tanpa harus menambahkan banyak lemak dan kalori. Selain itu greek yogurt juga dapat menjadi perasa manis alami pada kue Anda. Cukup ganti 1 cangkir mentega dengan ½ cangkir greek yogurt untuk membuat kue Anda lebih sehat dan lezat.


Alpukat

Source: Pinterest

Tahukah Anda? Buah alpukat juga dapat menjadi pengganti mentega loh. Cukup mengganti 1 gram mentega dengan 1 gram alpukat. Jangan lupa untuk membuat alpukat menjadi halus sebelum dioleskan pada roti atau dijadikan campuran untuk memanggang kue atau kukis. Olahan kue dan roti Anda akan menjadi lebih enak dan sehat.


Pumpkin Puree

Source: Pinterest

Pumpkin puree atau labu tumbuk adalah pengganti mentega yang kaya akan zat gizi. Labu tumbuk memiliki rasa yang lembut dan manis, yang dapat menambah rasa pada kue atau roti. Jika hendak menggunakan pumpkin puree sebagai pengganti mentega, disarankan untuk menggunakan sekitar ¾ dari jumlah mentega yang diminta dalam resep.


Itulah beberapa bahan sehat yang dapat menggantikan mentega dan margarin. Selamat mencobanya Sobat Glamours!


Similar Post You May Like